Pages

Jumat, 15 November 2013

Rencana Pengadaan Majalah untuk kalangan Warga Sirojuth Tholibiin dan Masyarakat Bacem

PP Sirojuth Tholibin adalah Pondok pesantren yang berdiri sejak 1983 namun Yayasan Sirojuth Tholibiin baru berdiri tahun 1989. Dibawah kekuasaan yayasan ini ada berbagai lembaga yang bergerak baik disektor pendidikan akademik maupun pendidikan non akademik. Dari sektor pendidikan akademik ada dua lembaga yaitu formal dan non formal. Dilihat dari segi usia yaitu 24 tahun, Sirojuth Tholibiin telah mengalami perkembangan yang demikian pesat.
 
Seiring perkembangan jaman serta kemajuan teknologi yang merambah ke pelosok-pelosok desa diseluruh tanah air, yang membawa dampak positif dan negatif bagi kalangan masyarakat atau pihak-pihak yang salah arti dalam penggunaannya. Hal inipun merambah masuk ke Santri atau murid-murid yang ada di lingkungan Sirojuth Tholibiin Bacem ini. Dengan didukung masih banyak faktor lain, kemajuan tegnologi ini menyebabkan menurunnya minat baca bagi para siswa bahkan para Santri salafi yang notabene berhaluan kitab kuning Berangkat dari kesadaran semakin menipisnya daya minat baca bagi semua santri pondok mupun siswa-siswi formal yang ada dibawah naungan pondok pesantren ini, maka perlu adanya suatu terobosan yang bisa memberikan pengaruh terhadap para santri maupun siswa siswi khususnya dalam meningkatkan minat baca ini. Karena dari membaca akan banyak manfaat yang dengan sendirinya mereka telah melakukan pembelajaran secara autodidak atau belajar dengan tanpa didampingi seorang guru. Penglaman keilmuan yang diserap oleh pembaca akan meningkat dengan sendirinya. Kalau dikaji secara keimanan Sebenarrnya Nabi Muhammad SAW sendiripun sejak 14 abad yang lalu telah menanamkan prinsip pembelajaran ini. Kita tahu dalam rukun iman yang ke-tiga adalah iman kepada kitabulloh, artinya dalam hidup seseorang haruslah memiliki komitmen untuk selalu berprinsip pembelajaran. 
Contoh Majalah Kepesantrenan

Salah satu inisiatif atau solusi dalam menjawab semua masalah yang ada yang sebenarnya hal ini sudah banyak kita temukan disekitar kita yaitu "Majalah". Majalah Kepesantrenan yang memuat karya-karya para santri putra-putri dan info seputar pesantren, madin, sekolah formal dan lain-lain, dengan tetap mengedepankan unsur keilmuan. Keuntungan yang lain dari pihak pemangku kepentingan juga dapat menyisipkan pesan atau himbauan kepada para santri formal maupun non formal secara langsung. Secara garis besar keuntungan yang akan didapat diantaranya :
  1. Menarik minat santri untuk gemar membaca dengan menampilkan karya-karya terbaik mereka.
  2. Memancing bakat santri untuk berkreasi khususnya bidang tulis menulis.
  3. Dapat menyampaikan info-info yang dibutuhkan bagi santri
  4. Menjaring siswa didik baru khususnya formal
  5. tidak kalah pentingnya dalam segi ekonomipun akan memperoleh keuntungan tersendiri
Dan tentunya akan lebih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang tak terkira dari konsep pengadaan Majalah ini.


0 komentar: